Pengalaman memungut anak kucing yang belum cukup umur

hai kawan, apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu yaa..

Ok wan sesuai judul. Aye bekerja di toko, pada saat itu ada suara anak kucing ngeong-ngeong gitu wan dan aye pun langsung mencari dimana sih sumber suaranya, alhasil ada 3 anak kucing serta si mamaknya yang sedang menyusui mereka.

maxresdefault
kalo kaya gini kan imut wan, hehe

Hmm sedikit cerita wan, jadi gini, aye tuh dari dulu pengen benget melihara kucing yang imut-imut tapi apa daya dana belum sempat. Sering juga aye diajak temen ke pasar-pasar hewan – salah satunya di pasty jogjakarta, disono banyak banget yang jualan kucing, lucu-lucu, hehe. oke lanjut lagi yook.

SONY DSC
pasty jogja

Balik ke cerita. Sebenernya aye pengen punya kucing pejantan tangguh wan, berhubung dari 3 anak kucing hanya 1 yang jantan, maka gak ada pilihan warna lain selain abu-putih. Mau tau wan cara mbedain jantan betinanya? gampang kok kayak kita manusia aja, gak beda-beda amat, hehe.
Aye ambil tuh kucing abunya dan si mamaknya pun gak marah, dia rela-rela aja tuh. Main-mainin dah tuh sama temen kerja yang lain, asik wan bisa cakar-cakaran ama kucing. Oh ya, menurut pantauan aye ini anak kucing umur sekitar 6 mingguan. Kanapa aye bisa tahu? yaa karna aye suka liat si mamaknya mondar-mandir di toko sampai hamilnya.
Setelah sore tiba dan waktunya toko untuk tutup, langsung aye buatin rumah kardus untuk sekedar membawanya ke rumah, maklum belum bermobil gan, hehe. Oke rumah buatan sementara udah siap, toko udah tutup jam 5 sore dan saatnya gogo pulang. ngeeeeng…

Siiiit, sampe rumah wan (walaupun dijalan sempet ngeong-ngeong). Langsung aye keluarin tuh anak kucing dan si doi pun kayak masih galau gitu wan, ngeong-ngeong mulu. Ane coba buatin susu kucing dan seketika si empus langsung clep diem dan diminumnya tuh susu. Ente tau wan abis itu si empus ngapain? si empusnya pup wan, aye sih gak papa ya, tapi ini pupnya itu kayak ada spiral-spiral putih macam cacing wan, tapi gak tahu juga sih orang kagak gerak kok. Dan kalo ditanya bau yah tetep bau lah. Beneran wan ane gak apa-apa kalo soal bau, cuman ini kasian banget pas mau keluar pup juga sempet ada suara prepet prepet plututt, tambah kagak tega aye jadinya. Malam pun tiba, dan selang sekitar 1 jam, si empus kembali pup dengan style pup yang serupa dengan sebelumnya, ahhh. Setelah itu si empus juga kembali ngeong-ngeong tanpa henti, aye bawa masuk dan ajak main didekat karpet eh si empus malah pup lagi wan di keramik, dengan style yang serupa pulak. Aye bersihin lagi dan si empus pun mengeong lagi lamaa sekali wan macam galau gundah gulana gitu waan ampe malem, alhasil aye pun kebingungan bukan maen, aye tanya temen-temen yang suka kucing katanya umuran segitu emang belum pantas dipisah dari induknya wan, ntar yang ada malah galau gak karuan meong-meong bikin pusing kayak gini. Aye pikir-pikir ya bener juga sih, jadi merasa bersalah nih, udah bener-bener sama si mamaknya kok malah aye pungut ya?? Menjelang kita tidur, si empus mulai diem dan glosor di karpet, tidurlah kita..

20160320_175601

Pagi tiba, aye cek tuh si empus dan doi langsung mengeong, apa ini?? masa di tempat tidurnya ada pup dimana-mana, yaa sekitar 3 tragedi pup lah. Tapi menjelang siang si empus kayak udah bisa main-main ditempat aye tinggal, main kayak guling-gulingan, main rumput, panjat-panjatan, main juga ama keponakan aye gan, aye sempet seneng benget liatnya. Tapi aye tetep harus ngembaliin tuh kucing ke mamaknya di toko. Waktu sudah menunjukkan jam setengah 9 aye pun kembali mengemas si empus di kardus dan membawanya ke toko. Di toko terlihat saudaranya yang lain lagi main-main dilantai, iya ya aye kok tega banget misahin mereka. Yaudah lah ini mak, aye kembaliin anak emak, maaf ya mak mungkin emang si empus harusnya sama emak dulu.

20160320_175623

Kesimpulan
Dari cerita aye ini bisa disimpulkan bahwa ada butuh dimana si anak kucing harus belajar dulu dari induknya seperti cara makan, dimana harus buang pup dan njilat-njilat badan untuk membersihkan badan dan semuanya itu dilakukan bertahap. Begitu pula dengan pengadopsian dilakukan pada saat anak kucing berusia sekitar 15 minggu, begitu kata temen aye yang udah biasa melihara kucing. Dan apabila memang kepingin banget tapi si anak kucing berusia sangat muda, maka bawalah beserta mamaknya, nahlooh hehehe.

Begitu gan singkat cerita dari aye. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s