Peralatan jahit tangan / tusuk untuk permulaan

Hai teman, apa kabar? kali ini saya akan ada sedikit curhatan mengenai peralatan jahit tangan / jahit tusuk yang saya beli dan miliki.
“Anak cowok kenapa suka jahit-jahitan?”. “lah bodo amat, namanya juga hobi”. Yang kaya beginian juga merupakan hobi saya yang  mudah-mudahan kedepannya akan menjadi hobi yang dibayar, hehe cie elaaah. Ya gansis, jujur saya memang pengen banget punya usaha konveksi, ya walaupun masih terbatas biaya alias modal. Tapi saya percaya semua itu bisa diawali dari yang kecil-kecil dulu, sepakat kah gansis?.
Sorry nih, namanya juga curhatan jadi ya agak mencuri celah sedikit untuk curhat. Ok balik lagi ke topik tentang peralatan yang baru saja saya beli di toko peralatan konveksi. Oh ya, pelayannya janda muda cuantik 19 tahun, hehe. Lesgooh.

1. Gunting benang genggam
20160221_065454
Ini gunting untuk benang saja ya gansis, bukan untuk memotong yang tebal-tebal. Coba saja memotong kain / kertas dengan gunting ini, dijamin bakalan mbablas dari target karena kontrolnya kurang. Cekit cekit cekit…, begitulah gansis bunyi khasnya mengingatkan saya pada waktu keluarga masih ada konveksi sekitar tahun 2003. Intinya piranti ini digunakan untuk memotong benang sekaligus ngerapihin benang-benang sisa jahitan. Untuk harga kemarin 4rb.

2. Benang
20160221_065513

Untuk piranti ini mah bebas mau warna apapun, tapi saya sih belinya yang standar dulu hitam dan putih. Untuk merk nya sih banyak, saya pake yamalon. Sebenarnya agak lucu juga kalo cuman beli hitam dan putih, terus gimana kalo kain yang akan dijahit berbeda warna, merah misal? kalo saya sih tusukan luarnya dibikin kecil, dalamnya yang gedean, jadi agak tersamarkan. Lebih bagus lagi jika sesuai dengan warna kain sih, yaa dibanyakin beli warna benangnya juga tak apa laah, malah direkomendasikan.

3. Jarum
20160221_065538

Ini dia gambar jarum yang saya beli kemarin, gede kan? haha iya gansis, emang kemarin salah beli, mungkin karena saya manut-manut saja saat ditawari untuk beli jarum yang mana. Sedikit curhat gan, si cewek pelayan ini cantik, manis, kecik, imut, seperti yang saya singgung di awal bahwa dia janda muda tapi saya tak perduli karna emang enak dipandang, hehe. Oh ya, untuk jarum hampir kebanyakan dijual 1 keping kertas yang isinya sekitar 5-20 jarum tergantung kualitas dan ukurannya. Saya kemarin beli yang isi 20 biji agak besar pula, dan harganya 2rb saja, murah kan.

4. Pendedel Benang
Begini gansis penampakannya.
20160221_065814
Yang satu ini untuk mendedel benang, gini misal ada jahitan yang salah atau kita ingin melepas jahitan baju, maka disini peranannya untuk mendedel dengan ujungnya yang dapat menjangkau celah, dorong sedikit dan kepotong deh tuh benang. Kemaren saya disodorin ada 2 ukuran, satu seperti yang di foto ini, satunya lagi agak besaran dikit. Saya pilih yang kecil ini saja lah karena jahitan juga dirasa sempit-sempit celahnya. Untuk harga 2rb gansis.

20160221_065352
Ok, cuman segitu gansis yang dapat saya beli dan ceritain disini, yaa itung-itung buat mbenerin celana/baju yang robek, bolong ataupun ngecilin. “Yaelah tinggal beli lagi aja kok sampe segitunya sih”. “Lah, bodo amat namanya juga hobi, hehe”.
Yap, sekian dulu curhatan saya kali ini.

Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.

graphics-ok-328602

Leave a Reply

