Nyamuk, nyamuk dan nyamuk

Assalamu’alaikum wr. wb.

Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.

Nyamuk bro, gile, siapa yang dirumah banyak nyamuknya, unjuk jari !
Lagi capek-capeknya dan berusaha untuk tidur, pas pejamin mata, eh ngiing ngiing, apaan tuh?? nyamuk bro nyamuk. Atau mungkin pas lagi seriusnya ngerjain sesuatu didepan monitor, kaki banyaaak banget yang ngerubungin, kaki serasa dimasukin ke sarang nyamuk. Ok, dan pastinya banyak lagi momen-momen yang lain bersama nyamuk.

alat-usir-nyamuk-murah650px-aedes_aegypti_feeding-muhammad-mahdi-karim-2009

Waktu masih ngekos dijogja sih uhh enak banget bro, udaranya sejuk, nyamuk pun gak ada, gak ada!. Giliran mau pulang ke daerah asal ane, hati ini langsung galau akan beberapa pertanyaan, “Aduh, ntar balik, bakal tarung ama nyamuk lagi dong nih, gimana yakkk??”, tapi terkadang ada hasrat untuk melawan, “Ah bodo amat, pokoknya harus pulang dan harus basmi ntuh nyamuk, biar keluarga gak risau lagi tiap malemnya, harus!”.

Dari sekian waktu, tahunan kali yak tepatnya. Ane selidiki tuh apa-apa aja sih penyebabnya kenapa banyak banget nih nyamuk dan ane coba atasi dan rasain perubahannya satu persatu.

Kira-kira kenapa nih nyamuk kok banyak dan kayaknya kok betah banget di rumah kite??
Kalo searching di google udah pasti banyak banget tuh yang bahas mengenai bagaimana cara menangani atau mengusir nyamuk, membasmi serta mencegah nyamuk, dan lain sebagainya.
Oh iya, ini berdasarkan versi farosha yah, hehe.

A. Kerapihan & Kebersihan

img_0830
Memang mantap ini satu, ane 4 orang dalam 1 rumah, ditambah 4 sodara yang sering main ke rumah, 8 lah jadinya. Adik, dia sekolah smk kelas 2, Bapak kerja, Ibu dirumah, kalo ane mah semrawut. Si Adik pulang sekolah, wah jarang banget dah tuh yang namanya seragam sekolah langsung diletak dilemari, pasti main geletak aja di kasur, bruug, , udah deh langsung tinggal tidur atau main keluar. Bapak pulang kerja, wah sama aja kagak beda, malah sering banget gonta-ganti pakaian. Ane juga sama bro, tapi sekarang udah gak lagi lah ya, hehe. Oke, itu baru soal pakaian, belum lagi lainnya seperti makanan, charger, kaset dvd, dan perkakas lainnya.
Lah, pas mau ngerapihin tuh baju-baju, ane ambil, eh nyamuk langsung pada kabur, mungkin mereka baru aja berpesta di permukaan pakaian kita, kesel ampun dah.

Ane rapihin semuanya, mulai dari pakaian, makanan, dan perkakas lainnya. Sekalian juga membuat tata letak yang baru supaya lebih enak penataan untuk kemudian harinya. Setelah selesai barulah ane sapu dan pel sekalian nih rumah, uh sejuk banget, langsung terasa sejuknya bro, capek langsung lah tidur breeggg…

Malamnya ane cek, dan paginya seger buger, terbukti tidur pun terasa lebih kualitasnya, hehe walaupun gak sepenuhnya tuh nyamuk bener-bener pergi, ya seenggaknya kan mengurangi, mata pun kan seneng kalo liat yang rapi-rapi.

B. Penutupan pintu saat petang menjelang.
Tebu, belakang rumah banyak banget tuh tebu, ya karena itu emang ladang tebu, perkebunan tebu, untuk dipanen dan dijadikan gula. Sudah kebayang kan kalo liat yang lembab-lembab dan yang manis-manis, pasti banyak serangganya, nyamuk terutama.

Gak tau kenapa ya, setiap telat nutup pintu sampe jam 7 malem misalkan, itu selalu banyak banget nyamuk didalam ruangan, beda banget jika menutup pintu rumah mulai sekitar jam 5 sore, nyamuknya gak sebanyak kayak pas telat nutup pintu. Gak tau juga nih kenapa, mungkin karena didalam ruangan serasa hangat kali yak, dan mereka “wah, hangat nih kawan, kayaknya didalem banyak mangsa, kemon serbuuu. . .”. disini tidak melulu pintu, intinya sesuatu yang terbuka langsung dari luar, seperti jendela, celah-celah, dll.

C. Suhu

111797664-617x416
Pasti banyak yang udah tahu bahwa semakin dingin suhu, semakin enggan pula nyamuk untuk singgah. Contoh sederhananya saat kemarau, panas yang luar biasa dan waktu malamnya pasti lah nyamuk banyak banget, berbeda tentunya dengan penghujan yang sejuk dan malam pun akan tambah sejuk serta enak untuk dibawa istirahat, ya karena sejuk dan gak ada nyamuknya.

Cuman disini masalahnya emang agak berat kalo ngomongin suhu, suhu semakin kesini emang semakin panas saja, semua tahu itu. Tapi semua pasti ada jalan walaupun itu dikerjakan sedikit demi sedikit yang lama-lama akan bertambah besar perubahannya.

D. Pencahayaan
Kalo ane perhatiin nih, pas tidur dalam lampu keadaan mati dengan lampu keadaan nyala, ini agak berbeda. Nyamuk akan lebih sedikit saat lampu menyala, dan sebaliknya. Ini dapat disimpulkan bahwa nyamuk lebih menyukai tempat yang minim pencahayaan. Pasti udah banyak yang tau kalau tidur dalam lampu keadaan mati akan jauh lebih baik kualitas tidurnya ketimbang dalam lampu menyala. Terus bahwa lampu akan sedikit menambah panas dibandingkan tanpa lampu akan terasa lebih adem. Iya juga sih, ane juga terus mikirin kesitu, tp ane percaya bila semua poin sudah ane selesein, pasti akan tercipta keadaan yang sejuk, enak dipandang, dan nyaman pastinya.

Ok, sekian dulu dari ane, insyaAllah akan tambah dan update lagi apabila ada poin yang menarik nantinya. Kritik dan saran sangatlah ditunggu.

Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s