Belajar bersama: mengetik 10 jari dengan menyenangkan

hai, apa kabarnya nih? ok mantap, Saya juga sehat kok, hhehe

Kesempatan kali ini akan membahas mengenai belajar mengetik 10 jari. Mudah-mudahan kita semua disini dikaruniai 10 jari yang lengkap, ini juga sesuatu yang harus kita syukuri sebenarnya.

Ok, Saya mengajak untuk belajar bersama  dalam mengetik 10 jari. Awalnya sebelum saya menerapkan 10 jari, hanya 4jari saja malah kadang-kadang 2jari, jago  banget kan. hehe. Ditambah lagi dengan mata yang gak bisa lepas sepenuhnya dari keyboard. Disitu saya mulai ada keinginan memperbaiki, ayo belajar bersama.

Ada baiknya untuk mengingat tugas dari masing-masing jari saat duduk dibangku smp dulu.

Ini merupakan pemetaan yang Saya ikuti. Ada beberapa pemetaan yang berbeda pada deretan angka yang diatas itu, ada yang angka 1 ikut di jari manis, ada yang jari telunjuk kanan cuman mencet angka 7 doang, dsb. Kalo huruf sih masih sama lah ya. Ok lanjut.

Saya belajar menggunakan aplikasi web, banyak yang menyediakan “Typing tutor” secara online, saya lebih tertarik dengan yang dua ini yaitu Ratatype dan Nitrotype. Keduanya berbeda, Ratatype lebih seperti kursus benar-benar kursus. Dimulai dari jari-jari yang paling dasar sampai yang paling sukar untuk diketikkan. Sedangkan si Nitrotype adalah si penghibur Saya saat galau karena terlalu lama di Ratatype. Asik banget loh si Nitrotype ini, jadi si do’i berupa balapan mobil dengan kecepatannya berdasarkan kecepatan kita dalam mengetik. Ok lesgoh kita liat satu-satu.


A. Ratatype

Ini yang pertama kali Saya datengin, cek langsung Ratatype, interfacenya ok dan nyaman banget menurut Saya. Untuk daftarnya gratis banget bisa banget, hehehe. Sedikit gambarnya nih,

parah banget, kalo dulu bisa mengetik dengan kecepatan sekitar 55 wpm, kali ini pertamakalinya dengan metode 10 jari dan angka yang didapatkan sangatlah fantastis tingginya, 7wpm, 7wpm Saya ulangi lagi. Langsung saja baru lesson 1 langsung gak bisa di “next” karena ada syarat tertentu untuk melanjutkan lesson. max 2 typos dan kecepatannya harus lebih dari 10wpm. oh ya, wpm yaitu word per minute / kata permenit, sedangkan typos merupakan kesalahan dalam pengetikan.

Di Ratatype juga ada beberapa menu seperti tips bagaimana mengetik dengan nyaman dan cepat tentunya, kemudian sertifikat mengenai berapa wpm yang sudah kita tempuh, ada juga daftar harian user-user tercepat, dan menu lainnya yang bisa dicek di Ratatype. Dibetah-betahin saja dalam belajarnya, sambil dengerin musik ato radio gitu. ok lanjutkan masss.

B. Nitrotype

Nah ini nih yang menghibur, langsung saja cek di nitrotype, untuk daftar gratis banget banget. Nitrotype lebih ke hiburan berupa balapan mobil yang sudah dituliskan. Dimana kecepatan kita mengetik akan mempengaruhi laju si mobil. Ok sedikit gambarannya.

Karena online, maka pasti ada lawan-lawannya kan? iyup betul banget dan lawannya itu dari berbagai negara, kebanyakan sih america walaupun ada beberapa seperti australia, inggris, canada, jepang, dkk.

Disini akan merasakan sensasi yang berbeda, rasanya tuh kayak agak cepat dikit ngetiknya, atau perasaan saja. Mungkin karena disini disertai dengan suara mobil dan musiknya kali yak, hehe.

C. Trus harus pilih yang mana nih?

Berhubung keduanya berbeda cara / metode, tetapi masih dalam pembelajaran yang sama. Justru karena perbedaan ini terkadang saat sudah menurun di Ratatype (wpm nya), maka akan saya ganti tab ke nitrotype sebagai penghiburnya. Dengan cara ini Saya merasakan lebih nyaman dan nggak terlalu pusing tentunya.

Saat pertama belajar 10 jari memang menyiksa banget, banget. Kadang suka nggak konek antara otak sama jari-jari, saat memerintahkan jari kelingking untuk mencet eh malah jari manis yang mencet. Tapi yuk kita jangan menyerah, namanya juga belajar, lama-lama pasti bisa, pasti tuh. Oh ya, pastikan jujur untuk tidak melihat keyboard, hehe. Sekarang ini Saya masih tertahan dikisaran 36-40 wpm di ratatype dan 35-45 di nitrotype, padahal bisa dilihat sendiri tuh ada yang nyampe 200an wpm, kaya gimana tuh ya ngetiknya???.

Ok, yuk kita bersama-sama belajar dan selalu meningkatkan apa yang sudah kita dapat. Sekian dari Saya, Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.

Leave a Reply

